Septiani, Shilla Ninda (2024) Pengaruh Konformitas dan Fanship terhadap Perilaku Konsumtif Merchandise pada Penggemar K-Pop di Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Halaman Persetujuan Skripsi.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Halaman Pengesahan Skripsi.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Halaman Persetujuan Tugas Akhir.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Halaman Judul.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Bab 1.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Bab 2.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Bab 3.pdf Download (687kB) | Preview |
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
||
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Bab 5.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Daftar Pustaka.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_200701051_Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggemar K-Pop merupakan seseorang yang mengidolakan boygroup maupun girlgroup yang berasal dari Korea. Penggemar mendukung idolanya, salah satunya dengan cara membeli merchandise dari idolanya. Hal tersebut dapat membuat penggemar berperilaku konsumtif. Penggemar yang memiliki konformitas dan fanship yang tinggi maka menjadikan penggemar berperilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise pada penggemar k-pop di Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah penggemar k-pop di Gresik sebanyak 181 orang yang tergabung dalam grup whatsapp dan pernah melakukan pembelian merchandise. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan skala perilaku konsumtif yang dibuat peneliti berdasarkan aspek Lina & Rosyid, (1997), skala konformitas milik Mehrabian & Stefl (1995) yang dimodifikasi oleh peneliti dan skala fanship milik Reysen & Branscombe (2010) yang dimodifikasi oleh peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise dengan nilai F sebesar 50,473 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif sebesar 36,2%. Mayoritas subjek dalam penelitian ini memiliki konformitas, fanship dan perilaku konsumtif dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konformitas, fanship, perilaku konsumtif, penggemar k-pop |
Subjects: | Psychology Psychology > Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Shilla Ninda Septiani |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 17:46 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 17:46 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11637 |
Actions (login required)
View Item |