Masrukhah, Nurul (2023) Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (17MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika salah satu kemampuan yang harus dikuasai peserta didik adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik tergolong rendah, oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan mampu mendorong peserta didik untuk aktif, agar kemampuan pemecahan masalah peserta didik lebih baik, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL), dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas kelas VII-A dengan subjek 15 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket gaya belajar, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data gaya belajar, analisis data aktivitas peserta didik, dan analisis data kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil persentase sebesar 80,63%, termasuk dalam kriteria aktif. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) berkembang, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial menurut pentahapan Newman pada tes awal kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menurut pentahapan Newman pada tes awal juga kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) juga termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 83,33.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nurul Masrukhah |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 18:01 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 18:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12051 |
Actions (login required)
View Item |