Larasati, Adik Elya (2023) Pengembangan Media CAMAC (Card Match Circle) Berbasis Kearifan Lokal Gresik Untuk Siswa Kelas IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
LEMBAR KEASLIAN TULISAN (s).pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN (s).pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI (s).pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (540kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran CAMAC (Card MatchCircle) berbasis kearifan lokal Gresik pada materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV SD Muhammadiyah Sidayu. Pengembangan media CAMAC (Card MatchCircle) berbasis kearifan lokal Gresik menggunakan model 4D yaituPendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate) akan tetapi peneliti hanya menggunakan tiga tahap yaitu hanya pada sampai tahap pengembangan (develop). Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu berupa media pembelajaran permainan CAMAC berbasis kearifan lokal Gresik. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Muhammadiyah sidayu dengan jumlah peserta didik 25 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil uji kevalidan media CAMAC berbasisi kearifan lokal Gresik dengan penilaian dari validator ahli media yaitu dosen PGSD memperole h skor rata-rata yaitu 85,41 %, dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli materi yang dinilai oleh guru kelas IV SD Muhammadiyah Sidayu memperoleh skor rata-rata 91,66 %, dengan kriteria sangat valid. Sehingga media pembelajaran dipat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan penggunaan media pembelajaran diukur dengan respon peserta didik yang berupa angket respon peserta didik. Hasil analisis respon peserta didik dengan menggunakan angket respon mendapat skorsebesar 96 % masuk dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model 4-D, CAMAC (Card Match Circle) berbasis kearifan lokal Gresik |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Adik Elya Larasati |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:49 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:49 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |