Fatwalino, Wahda (2024) Pengaruh antara Self-regulated Learning dan Flow Akademik terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Halaman Pernyataan Keaslian.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Halaman Pengesahan.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Hal Pernyataan Publikasi Tugas Akhir Untuk Kepentingan Akademis.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_BAB 1.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_BAB 2.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_BAB 3.pdf Download (468kB) | Preview |
|
![]() |
Text
2024_TA_PSI_210701067_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_BAB 5.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Daftar Pustaka.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
2024_TA_PSI_210701067_Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam mewujudkan semua kemajuan dan perkembangan potensi yang ada pada diri manusia. Pendidikan digunakan sebagai indikator kemajuan suatu bangsa yang sangat penting dalam mendukung pembangunan, dan merupakan fondasi kompentensi suatu bangsa. Prestasi akademik yang tinggi akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, pada faktanya terdapat beberapa mahasiswa yang masih kurang dalam prestasi akademik. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi akademik yaitu selfregulated learning, dengan adanya self-regulated learning yang tinggi pada mahasiswa maka akan membawa dampak positif terhadap prestasi akademik mahasiswa. Selain itu, flow akademik juga penting untuk prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning dan flow akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 840 mahasiswa teknik, dan menggunakan teknik probability sampling. Data diperoleh dengan menyebarkan google form dan kuesioner secara langsung kepada mahasiswa fakultas teknik prodi elektro, industri, dan informatika. Alat ukur yang digunakan yakni skala self-regulated learning oleh Zimmerman untuk mengukur selfregulated learning, dan skala flow short scale oleh Csikszentmihalyi untuk mengukur flow akademik mahasiswa. Analisis hipotesis menggunakan teknik uji regresi menunjukkan nilai sig 0.011 < 0.05 artinya terdapat pengaruh antara self-regulated learning dan prestasi akademik. Nilai sig 0.205 > 0.05 artinya tidak terdapat pengaruh antara flow akademik dan prestasi akademik. Nilai sig 0.244 > 0.05 menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara selfregulated learning dan flow akademik terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas teknik Universitas Muhammadiyah Gresik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flow Akademik, Prestasi Akademik, Self-Regulated Learning |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Wahda Fatwalino |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 02:32 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 02:32 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12236 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |