Irfana, Kholidah Maya (2024) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerasi Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Aktivitas berpikir adalah tindakan mental yang esensial dalam mengolah informasi dan membentuk pemahaman, serta berperan dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah. kemampuan berpikir memungkinkan individu untuk mengamati, mengevaluasi dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk itu, penting bagi pendidik untuk mengidentifikasi dan memahami level berpikir siswa guna meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Taksonomi SOLO menawarkan kerangka kerja untuk mengukur dan menganalisis tingkat berpikir siswa, mengidentifikasi kesalahan, dan merancang instrumen evaluasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level berpikir siswa dalam pemecahan masalah numerasi menggunakan taksonomi SOLO, yang mencakup lima level berpikir yakni prastruktural, unistruktural, multistruktural, realasional dan abstrak diperluas. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif sebagai jenis penelitian yang digunakan. Subjek penelitian terdiri dari 27 peserta didik dari kelas VIII-A. Metode pengumpulan data yang diterapkan mencakup tes serta wawancara langsung dengan subjek penelitian. Proses analisis data dilakukan melalui langkah-langah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Peserta didik yang dapat memahami pertanyaan, namun peserta didik belum mampu menyelesaikan soal dengan akurat dan belum bisa menjawab berada pada level unistruktural. 2) peserta didik yang dapat memanfaatkan dua penggal informasi atau lebih dan mampu merencanakan penyelesaian tersebut berada pada level multistruktural. 3) peserta didik yang dapat menggunakan dua penggal informasi atau lebih dari soal yang telah diberikan dengan tepat dan mampu memberikan kesimpulan, sehingga peserta didik tersebut mampu memberikan jawaban dengan benar berada pada level relasional.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Taksonomi Solo, Pemecahan Masalah Numerasi |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Kholidah Maya Irfana |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:55 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12303 |
Actions (login required)
View Item |