Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerasi Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome)

Irfana, Kholidah Maya (2024) Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Numerasi Berdasarkan Taksonomi SOLO (Structure Of The Observed Learning Outcome). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aktivitas berpikir adalah tindakan mental yang esensial dalam mengolah informasi dan membentuk pemahaman, serta berperan dalam pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah. kemampuan berpikir memungkinkan individu untuk mengamati, mengevaluasi dan membuat keputusan yang lebih baik. Untuk itu, penting bagi pendidik untuk mengidentifikasi dan memahami level berpikir siswa guna meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Taksonomi SOLO menawarkan kerangka kerja untuk mengukur dan menganalisis tingkat berpikir siswa, mengidentifikasi kesalahan, dan merancang instrumen evaluasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis level berpikir siswa dalam pemecahan masalah numerasi menggunakan taksonomi SOLO, yang mencakup lima level berpikir yakni prastruktural, unistruktural, multistruktural, realasional dan abstrak diperluas. Penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif sebagai jenis penelitian yang digunakan. Subjek penelitian terdiri dari 27 peserta didik dari kelas VIII-A. Metode pengumpulan data yang diterapkan mencakup tes serta wawancara langsung dengan subjek penelitian. Proses analisis data dilakukan melalui langkah-langah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Peserta didik yang dapat memahami pertanyaan, namun peserta didik belum mampu menyelesaikan soal dengan akurat dan belum bisa menjawab berada pada level unistruktural. 2) peserta didik yang dapat memanfaatkan dua penggal informasi atau lebih dan mampu merencanakan penyelesaian tersebut berada pada level multistruktural. 3) peserta didik yang dapat menggunakan dua penggal informasi atau lebih dari soal yang telah diberikan dengan tepat dan mampu memberikan kesimpulan, sehingga peserta didik tersebut mampu memberikan jawaban dengan benar berada pada level relasional.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Taksonomi Solo, Pemecahan Masalah Numerasi
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Kholidah Maya Irfana
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:55
Last Modified: 27 Dec 2024 02:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item View Item