Mahfudloh, Azhari (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Muhammadiyah (Studi Deskriptif Di MI Muhammadiyah 1 Pantenan). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (371kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (215kB) |
|
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (433kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (641kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pancasila di sekolah Muhammadiyah, faktor pendukung, faktor penghambat serta upaya sekolah dalam implementasi nilai-nilai pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian bertempat di MI Muhammadiyah 1 Pantenan. Subjeknya antara lain kepala sekolah, empat guru kelas dan delapan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun instrument penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) MI Muhammadiyah 1 Pantenan sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang mengandung nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan dan kesatuan, nilai permusyawaratan dan nilai keadilan sosial di lingkungan sekolah maupun kegiatan pembelajaran, (2) faktor pendukung yaitu kepala sekolah, guru, wali murid, lingkungan sekolah dan sarana prasarana, (3) faktor penghambat berasal dari lingkungan luar, keuangan dan wali murid yang kurang mendukung beberapa kegiatan sekolah serta peserta didik yang sulit dikendalikan, (4) upaya sekolah yaitu menjalankan program sekolah secara maksimal, pembiasaan disekolah, menambahkan jam pembinaan dan selalu memberikan motivasi bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Sekolah Muhammadiyah |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Azhari Mahfudloh |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |