Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Muhammadiyah (Studi Deskriptif Di MI Muhammadiyah 1 Pantenan)

Mahfudloh, Azhari (2022) Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Muhammadiyah (Studi Deskriptif Di MI Muhammadiyah 1 Pantenan). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (641kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pancasila di sekolah Muhammadiyah, faktor pendukung, faktor penghambat serta upaya sekolah dalam implementasi nilai-nilai pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Penelitian bertempat di MI Muhammadiyah 1 Pantenan. Subjeknya antara lain kepala sekolah, empat guru kelas dan delapan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun instrument penelitian berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data penelitian melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian berupa triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) MI Muhammadiyah 1 Pantenan sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila yang mengandung nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan dan kesatuan, nilai permusyawaratan dan nilai keadilan sosial di lingkungan sekolah maupun kegiatan pembelajaran, (2) faktor pendukung yaitu kepala sekolah, guru, wali murid, lingkungan sekolah dan sarana prasarana, (3) faktor penghambat berasal dari lingkungan luar, keuangan dan wali murid yang kurang mendukung beberapa kegiatan sekolah serta peserta didik yang sulit dikendalikan, (4) upaya sekolah yaitu menjalankan program sekolah secara maksimal, pembiasaan disekolah, menambahkan jam pembinaan dan selalu memberikan motivasi bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila, Sekolah Muhammadiyah
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Azhari Mahfudloh
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:00
Last Modified: 04 Aug 2025 03:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item