Andayani, Isma Dwi (2024) Penerapan Diferensiasi Dalam Pembelajaran IPAS di SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa belum mampu menyebutkan bagian-bagian tumbuhan secara lebih kompleks dan manfaat dari bagian-bagian tumbuhan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa melalui pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran IPAS di SD kelas 4 SDN Ketanggung 1. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus. Empat tahapan siklus penelitian tindakan adalah sebagai berikut: 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik analisis data menggunakan data awal penguasaan konsep siswa dan hasil penguasaan konsep siswa setelah penerapan diferensiasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai ketuntasan data awal sebesar 50%. Melalui penerapan diferensiasi diperoleh ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 75%. Kemudian pelaksanaan siklus 2 meningkatkan ketuntasan klasikal menjadi 87,5% atau 7 siswa yang tuntas atau memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Karena telah melampaui kriteria yang telah ditentukan 75% maka siklus dapat diakhiri. Kesimpulannya, konsep materi bagian tubuh tumbuhan dapat lebih dipahami melalui penerapan pendekatan diferensiasi. Kata kunci: Diferensiasi, IPAS, SD
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi, IPAS, SD |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Isma Dwi Andayani |
Date Deposited: | 21 May 2025 02:57 |
Last Modified: | 21 May 2025 02:57 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12887 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |