Penerapan Diferensiasi Dalam Pembelajaran IPAS di SD

Andayani, Isma Dwi (2024) Penerapan Diferensiasi Dalam Pembelajaran IPAS di SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINILITAS.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (458kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (598kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (1).pdf

Download (73kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa belum mampu menyebutkan bagian-bagian tumbuhan secara lebih kompleks dan manfaat dari bagian-bagian tumbuhan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa melalui pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran IPAS di SD kelas 4 SDN Ketanggung 1. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 siklus. Empat tahapan siklus penelitian tindakan adalah sebagai berikut: 1) merencanakan, 2) melaksanakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik analisis data menggunakan data awal penguasaan konsep siswa dan hasil penguasaan konsep siswa setelah penerapan diferensiasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa rata-rata nilai ketuntasan data awal sebesar 50%. Melalui penerapan diferensiasi diperoleh ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 75%. Kemudian pelaksanaan siklus 2 meningkatkan ketuntasan klasikal menjadi 87,5% atau 7 siswa yang tuntas atau memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Karena telah melampaui kriteria yang telah ditentukan 75% maka siklus dapat diakhiri. Kesimpulannya, konsep materi bagian tubuh tumbuhan dapat lebih dipahami melalui penerapan pendekatan diferensiasi. Kata kunci: Diferensiasi, IPAS, SD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diferensiasi, IPAS, SD
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Isma Dwi Andayani
Date Deposited: 21 May 2025 02:57
Last Modified: 21 May 2025 02:57
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item