Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Materi Bangun Datar Segi Empat

Sukmawati, Nur Fadlilah (2025) Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Materi Bangun Datar Segi Empat. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran CUPs, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran CUPs sebagai upaya dalam mengatasi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 34 Gresik tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang selama proses pengumpulan data melakukan tiga kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu fase individu, triplets, dan diskusi kelas, dapat membantu mengatasi miskonsepsi pada siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran CUPs, rata-rata 61,5% siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Setelah penerapan model pembelajaran CUPs, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun menjadi 25,5%. Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CUPs efektif digunakan untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi bangun datar segi empat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Bangun datar segi empat, Model pembelajaran CUPs, Conceptual Understanding Procedures
Subjects: Theory and practice of education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nur Fadlilah Sukmawati
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:34
Last Modified: 20 Mar 2025 03:34
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item