Sukmawati, Nur Fadlilah (2025) Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Dalam Mengatasi Miskonsepsi Materi Bangun Datar Segi Empat. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas (Keaslian).pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (420kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran CUPs, serta mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran CUPs sebagai upaya dalam mengatasi miskonsepsi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 34 Gresik tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang selama proses pengumpulan data melakukan tiga kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CUPs yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu fase individu, triplets, dan diskusi kelas, dapat membantu mengatasi miskonsepsi pada siswa. Sebelum penerapan model pembelajaran CUPs, rata-rata 61,5% siswa mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan teoritikal. Setelah penerapan model pembelajaran CUPs, persentase siswa yang mengalami miskonsepsi menurun menjadi 25,5%. Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran CUPs efektif digunakan untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi bangun datar segi empat.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Bangun datar segi empat, Model pembelajaran CUPs, Conceptual Understanding Procedures |
Subjects: | Theory and practice of education Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nur Fadlilah Sukmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:34 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:34 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |