Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Pada Masa COVID-19 Di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo

Rafiuddin, Muhammad Rifki (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Pada Masa COVID-19 Di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ORISINALITAS.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman persetujuan Rifki.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Proses internalissi nilai-nilai akhlak menjdi sangat penting bagi peserta didik khususnya di era globalisasi dan masa covid-19 seperti saat ini, karena proses internalisasi diharapkan sangat berperan aktif untuk mencegah dari dampak negatif perkembangan zaman agar peserta didik memiliki akhlak yang mulia sesuai tuntutan islam. Pendidikan Agama di Sekolah Luar Biasa khususnya bagi anak tunagrahita bertujuan untuk membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia. Oleh karena itu, Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam menjadi sangat penting untuk membentuk karakter anak yang agamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui apa saja konsep Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi anak Tunagrahita pada masa covid-19 (2) Untuk mengetahui dampak Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tunagrahita pada masa covid-19 di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo (3) Untuk mengetahui faktor Penghambat dan Pendukung yang dihadapi dalam menerapkana strategi internalisai nilai-nilai Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita pada masa covid-19 di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif Dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisisnya menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) Konsep internalisasi nilai-nilai Pendidikan Ama Islam adalah suatu proses memasukkan nilai-nilai agama Islam secara penuh ke dalam hati, sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran agama. Proses Internalisasi sendiri melalui 3 tahap, yaitu: Tahap transformasi nilai, Tahap transaksi nilai, Tahap transinternalisasi nilai. (2) Strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Amaga Islam di SLB Putra Mandiri Tarik Sidoarjo melalui tiga tahap Strategi guru kelas dalam membentuk karakter siswa ketika pembelajaran di kelas melalui tahap transformasi nilai, yaitu: pertama, Tahap Transformasi Nilai menggunakan strategi internalisasi melalui keteladanan, dan internalisasi melalui pembiasaan. Kedua, Tahap Transaksi Nilai menggunakan strategi internalisasi melalui hukuman, dan internalisasi melalui reward, Ketiga, Tahap Transinternalisasi menggunakan strategi internalisasi melalui terapi follow the line, dan pendekatan dengan orang tua. Faktor pendukung dalam membentuk akhlak karimah siswa diantaranya melalui pembacaan doa sehari-hari setiap akan memulai pembelajaran. Implikasi dari strategi internalisasi nilai-nilai akhlak bagi anak tunagrahita adalah tumbuhnya rasa kebersamaan, kedisiplinan, toleransi(3) faktor penhambat dan pendukung yang dihadapi dalam proses internalisasi nilai- nilai akhlak untuk anak tunagrahita diantaranya adalah: Pertama, keterbatasan tenaga pengajar, solusi yang diberikan adalah dengan menambah tenaga pengajar dari sekolah luar, Kedua kondisi mental, emosi atau fisik siswa yangmengakibatkan siswa tidak dapat menjalankan proses pembelajaran dengan baik solusinya guru harus ekstra sabar dan mengurangi materi pembelajaran dan menyederhanakan bahasa agar mudah dimengerti, Ketiga keterlibatan orang tua yang kurang maksimal dalam mendidik dan mendukung keberhasilan pendidikan putra-putrinya solusinya sekolah berusaha untuk mengadakan pertemuan dengan orang tua dan meminta kerjasama dalam proses keberhasilan pendidikan anaknya pada masa covid-19 ini , dan yang terakhir keterbatasan anggaran dana pendidikan sekolah solusi yang diambil adalah dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia dan merawatnya dengan semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan agama Islam, tunagrahita, covid-19
Subjects: Islamic Religion > Islamic > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Alquran > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Hadist > Tasawuf > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Ibadah > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Muamalah > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Aqidah > Akhlak
Islamic Religion > Akhlak

Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Muhammad Rifki Rafiuddin
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:51
Last Modified: 17 Apr 2025 02:51
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item