Pengembangan Media Kobela Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar

Wulandari, Fitria (2024) Pengembangan Media Kobela Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
File 1 LEMBAR KEASLIHAN.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 4 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 5 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 6 BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 7 BAB II.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 8 BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
File 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
File 10 BAB V.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 11 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 12 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitria Wulandari (200404065) Pengembangan Media Kobela Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. (Dibimbing oleh Dr. Arissona Dia Indah Sari, M.Pd., dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd) Berdasarkan hasil wawancara pada wali kelas IV di UPT SDN 98 Gresik dapat diketahui bahwa kurangnya media pembelajaran yang menunjang materi pecahan dengan penyebut delapan. Proses pembelajaran lebih dominan menggunakan buku bacaan. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kotak belajar untuk menstimulasi pemahaman materi pecahan dengan penyebut delapan karena dapat menarik minat peserta didik UPT SDN 98 Gresik dalam penyampaian materi dan memudahkan pesertadidik memahami materi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes kemampuan (sebelum dan sesudah adanya media), validasi media dan validasi materi, dan wawancara. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), penerapan (implement), dan evaluasi (evaluate). Data dianalisis dengan analisis kevalidan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan data dari ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai rata-ratanya 97%. Maka dapat disimpulkan bahwa media kobela dinyatakan sangat layak. Sedangkan hasil rata-rata tes kemampuan (sebelum dan sesudah) peserta didik memperoleh hasil N-gain yaitu 0,8 dengan kriteria tinggi. Dari hasil yang didapat makan media kobela yang digunakan dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, kobela, pecahan, sekolah dasar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Fitria Wulandari
Date Deposited: 20 Mar 2025 03:40
Last Modified: 20 Mar 2025 03:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12937

Actions (login required)

View Item View Item