Wulandari, Fitria (2024) Pengembangan Media Kobela Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
File 1 LEMBAR KEASLIHAN.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text
File 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
File 3 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
File 4 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
File 5 HALAMAN JUDUL.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
File 6 BAB I.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
File 7 BAB II.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
File 8 BAB III.pdf Download (353kB) | Preview |
|
![]() |
Text
File 9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
|
|
Text
File 10 BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
File 11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
File 12 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Fitria Wulandari (200404065) Pengembangan Media Kobela Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. (Dibimbing oleh Dr. Arissona Dia Indah Sari, M.Pd., dan Nanang Khoirul Umam, M.Pd) Berdasarkan hasil wawancara pada wali kelas IV di UPT SDN 98 Gresik dapat diketahui bahwa kurangnya media pembelajaran yang menunjang materi pecahan dengan penyebut delapan. Proses pembelajaran lebih dominan menggunakan buku bacaan. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kotak belajar untuk menstimulasi pemahaman materi pecahan dengan penyebut delapan karena dapat menarik minat peserta didik UPT SDN 98 Gresik dalam penyampaian materi dan memudahkan pesertadidik memahami materi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes kemampuan (sebelum dan sesudah adanya media), validasi media dan validasi materi, dan wawancara. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (develop), penerapan (implement), dan evaluasi (evaluate). Data dianalisis dengan analisis kevalidan dan keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kevalidan data dari ahli media dan ahli materi mendapatkan nilai rata-ratanya 97%. Maka dapat disimpulkan bahwa media kobela dinyatakan sangat layak. Sedangkan hasil rata-rata tes kemampuan (sebelum dan sesudah) peserta didik memperoleh hasil N-gain yaitu 0,8 dengan kriteria tinggi. Dari hasil yang didapat makan media kobela yang digunakan dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, kobela, pecahan, sekolah dasar |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Fitria Wulandari |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:40 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:40 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |