Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik

Rahmawati, Aprilindah (2024) Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah materi perkalian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas, kemudian dilanjutkan uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 19 Gresik yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa dari hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi sebesar 0,967. Dari uji linieritas menunjukkan adanya hubungan yang linier dengan nilai signifikansi sebesar 0,864. Dari hasil analisis regresi linier sederhana melalui persamaan regresi Y = 7,412 + 0,574X, dimana nilai koofisien bernilai positif (+) maka dinyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep (X) berpengaruh positf pada kemampuan pemecahan masalah (Y). Dilihat dari nilai R square sebesar 0,257, maka pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika materi perkalian terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi perkalian sebesar 25,7%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Aprilindah Rahmawati
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:50
Last Modified: 12 Mar 2025 03:50
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item