Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia

Dewi, Nika Cahyani Rahma (2025) Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS KEASLIAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nika Cahyani Rahma Dewi (NIM. 210404028). Pengembangan Media Big Book Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia. (Dibimbing oleh Afakhrul Masub Bakhtiar, M.Pd. dan Iqnatia Alfiansyah, M.Pd.). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan media Big Book untuk keterampilan membaca permulaan Bahasa Indonesia pada siswa melalui model ADDIE (2) mendeskripsikan validitas media Big Book dalam pembelajaran untuk keterampilan membaca permulaan Bahasa Indonesia pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Penelitian ini dilakukan di UPT SD Negeri 17 Gresik pada semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli materi, angket validasi media, angket respons peserta didik, lembar soal tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) media Big Book untuk keterampilan membaca permulaan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan melalui tahapan model ADDIE, (2) hasil kevalidan media pembelajaran Big Book membaca permulaan dilihat dari hasil validasi tim ahli yaitu ahli materi, ahli media dengan rata-rata persentase penilaian kevalidan sebesar 93,1% dengan kriteria “sangat valid”, (3) angket respon siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 97,5%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Big Book, Membaca Permulaan
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Nika Cahyani Rahma Dewi
Date Deposited: 15 May 2025 02:41
Last Modified: 15 May 2025 02:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

View Item View Item