Hermawan, Sony Elvianto (2024) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMK Ditinjau dari Kecemasan Matematis. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul..pdf Download (829kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa karena dalam pembelajaran matematika untuk dapat melanjutkan ke materi yang baru siswa harus memahami konsep terlebih dahulu. Dalam matematika, konsep A dan konsep B mendasari konsep C, sehingga konsep C tidak dapat dipelajari sebelum konsep A dan konsep B terlebih dahulu dipelajari dan dipahami. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep adalah kecemasan matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa SMK ditinjau dari kecemasan matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 4 Sangkapura, dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah 13 siswa pada tahun pelajaran 2023/2024 semester genap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecemasan matematis, tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan siswa kedalam kategori tingkat kecemasan matematis rendah, sedang dan tinggi, kemudian memilih 3 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan wawancara kemudian dianalisis berdasarkan tingkat kecemasan matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah mampu memenuhi semua indikator 1 sampai 6, kemudian siswa dengan tingkat kecemasan matematis sedang mampu memenuhi 5 indikator yaitu indikator 1, 2, 3, 5 dan 6. Sedangkan siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu indikator 1 dan 2.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Kecemasan Matematis |
Subjects: | Theory and practice of education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Sony Elvianto Hermawan |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 02:10 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |