Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Melalui Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SDN Pelangkidul 3 Ngawi

Rokhman, Akhmad Nur (2025) Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Melalui Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Di Kelas III SDN Pelangkidul 3 Ngawi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (581kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (266kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI _2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (181kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB II_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB III_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV_2025_TA_PGSD_230404098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN_2025_TA_PGSD_230404098.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam belajar mengajar peran media pembelajaran juga penting untuk membantu proses belajar. sehingga peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata Pelajaran matematika menggunakan media Puzzle. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). PTK ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Pelangkidul 3. Instrument yang digunakan penelitian ini mengunakan lembar observasi guru untuk mengamati keterlaksanaan proses belajar menggunakan media Puzzle dan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan menggunakan instrument tes yang digunakan untuk melihat hasil belajar yang digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh siswa setelah pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Puzzle dan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata Pelajaran Matematika materi Bangun datar di kelas III SDN Pelangkidul 3. Hal tersebut ditunjukan dengan jumlah siswa yang nilainya meningkat dari masing-masing siklus. Pada siklus I pertemuan pertama dengan persentase ketunasan 43,0% atau 3 siswa dari 7 siswa yang sudah faham materi bangun datar dengan nilai rata-rata 75. Kemudian pada siklus II pertemuan kedua hasil persentase ketuntasan naik menjadi 100% atau 7 siswa dari 7 siswa yang sudah faham materi bangun datar dengan nilai ratarata 82,87. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat deskripsikan dan disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media pembelajaran media Puzzle dan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) mampu meningkatkan hasil belajar siswa mata Pelajaran Matematika materi Bangun datar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME),Hasil Belajar Matematika, Media Puzzle
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Akhmad Nur Rokhman
Date Deposited: 06 May 2025 04:29
Last Modified: 06 May 2025 04:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13536

Actions (login required)

View Item View Item