ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 GRESIK

UMINARTI, UUM (2014) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 4 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II Kajian Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III Metode penelitian.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
Bab IV Hasil dan analisis data.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
Bab V Kesimpulan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Matematika berfungsi sebagai kunci dasar pembuka jalan kita belajar pelajaran lain, sedangkan belajar matematika dasar, seperti operasi hitung bilangan bulat, berfungsi sebagai dasar dalam menyelesaikan matematika ke materi selanjutnya pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa, jenis dan faktor kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik SMPN 4 Gresik kelas VII yang berjumlah 238. Dalam mengumpulkan data metode yang digunakan adalah tes dan wawancara. Seluruh data yang dikumpulkan akan dianalisis melalui penyajian data, pengolahan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat mendiskripsikan jenis dan faktor- faktor penyebab kesalahan. Dari hasil analisis data kesalahan yang paling banyak terdiri dari (1) Kesalahan jenis operasi dengan banyaknya persentase kesalahan 61,1%, (2) Kesalahan pada operasi hitung pembagian dengan banyaknya persentase kesalahan 39,1% dan (3) Kesalahan pada operasi hitung pembagian, dengan jenis kesalahan pada konsepnya, dengan persentase kesalahan 14,4% terhadap kesalahan yang dilihat pada nomor soal. Ketidakmampuan dalam memahami konsep operasi hitung dan ketidak telitian dalam menuliskan hasil jawaban adalah bagian dari faktor-faktor penyebab banyaknya kesalahan dalam menjawab soal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 28 Jun 2019 08:23
Last Modified: 28 Jun 2019 08:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item