Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Nafis, Afinta Wardatin (2024) Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2024_TA_180402023_Halaman Peryataan Keaslian.pdf

Download (491kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Halaman Pernyataan Persetujuan Skripsi.pdf

Download (619kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Halaman Pengesahan.pdf

Download (722kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_ Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiaah.pdf

Download (594kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Halaman Judul.pdf

Download (519kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Bab 1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Bab 2.pdf

Download (788kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Bab 3.pdf

Download (648kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2030.

Download (1MB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Bab 5.pdf

Download (339kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
2024_TA_180402023_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self-efficacy terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII UPT SMP Negeri 20 Gresik yag berjumlah 283 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus Slovin yang dilakukan secara propotional claster random sampling dengan taraf kesalahan sebesar 5% sehingga jumlah sampel penelitian yang dipilih sebanyak 166 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner self-efficacy siswa, kuesioner kemandirian belajar siswa, dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan AMOS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara self-efficacy dengan kemandirian belajar siswa dengan nilai C.R. 6,942≥1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000≤0,05. (2) Terdapat pengaruh antara self-efficacy dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai C.R. sebesar 2,851≥1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,004≤0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai C.R. sebesar 2,752≥1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,006≤0,05. (4) Karena seluruh variabel saling berpengaruh secara langsung maka dalam penelitian ini tidak ditemukan variabel intervening atau variabel perantara.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self-Efficacy, Kemandirian Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Afinta Wardatin Nafis
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:44
Last Modified: 01 Aug 2025 02:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14598

Actions (login required)

View Item View Item