Pengaruh Persepsi Korupsi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kepercayaan Kepada Fiskus Sebagai Variabel Intervening

Sholichah, Amilatus (2025) Pengaruh Persepsi Korupsi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kepercayaan Kepada Fiskus Sebagai Variabel Intervening. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf

Download (99kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (382kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf

Download (354kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2030.

Download (625kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi korupsi pajak dan kualitas pelayanan fiksus terhadap kepatuhan wajib pajak, kepercayaan kepada fiskus sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik, dengan indikator utama berupa persepsi korupsi pajak, kualitas pelayanan, serta kepercayaan kepada fiskus dalam menilai kepatuhan wajib pajak. Sampel penelitian diambil dari populasi wajib pajak di kota Gresik menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur setiap variabel, dan analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi korupsi pajak tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, begitu pula kualitas pelayanan fiskus tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan. Namun, kepercayaan kepada fiskus memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan persepsi korupsi pajak tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada fiskus begitupula kualitas pelayanan fiskus tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada fiskus. Analisis mediasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa kepercayaan mampu memediasi hubungan positif antara kualitas pelayanan fiskus dengan kepatuhan wajib pajak, sebaliknya pengaruh kepercayaan kepada fiskus tidak mampu memediasi hubungan antara persepsi korupsi pajak dengan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan tertentu, dan kepercayaan yang dibangun oleh fiskus terhadap wajib pajak untuk mendorong kepatuhan yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Korupsi, Pelayanan, Kepercayaan, Kepatuhan, Perpajakan
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Accounting Study Program
Depositing User: Amilatus Sholichah
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:03
Last Modified: 02 Sep 2025 06:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item