Sholichah, Amilatus (2025) Pengaruh Persepsi Korupsi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Kepercayaan Kepada Fiskus Sebagai Variabel Intervening. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
![]() |
Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS AKHIR.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (384kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only until 2 September 2030. Download (625kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (783kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi korupsi pajak dan kualitas pelayanan fiksus terhadap kepatuhan wajib pajak, kepercayaan kepada fiskus sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik, dengan indikator utama berupa persepsi korupsi pajak, kualitas pelayanan, serta kepercayaan kepada fiskus dalam menilai kepatuhan wajib pajak. Sampel penelitian diambil dari populasi wajib pajak di kota Gresik menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang dirancang untuk mengukur setiap variabel, dan analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi korupsi pajak tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, begitu pula kualitas pelayanan fiskus tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan. Namun, kepercayaan kepada fiskus memberikan pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan persepsi korupsi pajak tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada fiskus begitupula kualitas pelayanan fiskus tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kepercayaan kepada fiskus. Analisis mediasi lebih lanjut mengungkapkan bahwa kepercayaan mampu memediasi hubungan positif antara kualitas pelayanan fiskus dengan kepatuhan wajib pajak, sebaliknya pengaruh kepercayaan kepada fiskus tidak mampu memediasi hubungan antara persepsi korupsi pajak dengan kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kualitas layanan tertentu, dan kepercayaan yang dibangun oleh fiskus terhadap wajib pajak untuk mendorong kepatuhan yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Korupsi, Pelayanan, Kepercayaan, Kepatuhan, Perpajakan |
Subjects: | Economic And Business > Accounting Economic And Business |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program Accounting Study Program |
Depositing User: | Amilatus Sholichah |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 06:03 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 06:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |