Hubungan Kualitas Layanan Digital Aplikasi Mobile Jkn Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Kebomas Gresik

Saputra, Rizma Dwi Ady (2024) Hubungan Kualitas Layanan Digital Aplikasi Mobile Jkn Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas Kebomas Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Lembar persetujuan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Persetujuan publikasi tugas akhir[1].pdf

Download (361kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2030.

Download (324kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2030.

Download (192kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2030.

Download (217kB)
[img] Text
BAB 7.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Peserta BPJS Kesehatan Juli 2024 sebesar 31.770 orang, sedangkan pengguna Mobile JKN 184 orang. Berdasarkan studi pendahuluan 5 Agustus 2024 dengan 10 responden, 6 kurang puas dalam penggunaan Mobile JKN karena tidak ada poli KIA, pendaftaran tidak terbaca sistem Puskesmas. Tetapi 4 puas karena mudah dan mendapat pelayanan medis, tanpa membawa fisik kartu BPJS. Metode : Penelitian menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Desain penelitian ini cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 184. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling¸ pengambilan sampel dengan kriteria tertentu sejumlah 128 sampel. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil : Sebagian besar (68,0%) menyatakan kualitas layanan digital aplikasi Mobile JKN baik sebanyak 87 pasien. Hampir seluruhnya (73,4%) menyatakan puas sebanyak 97 pasien. Hasil analisis uji spearman rank p value 0.00 < nilai α 0,05. Kesimpulan : Ada hubungan antara kualitas layanan digital aplikasi Mobile JKN dengan kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Kebomas Gresik 2024. Diharapkan kualitas layanan digital bisa ditingkatkan agar penggunaan dan penilaian pasien semakin tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Layanan digital, kepuasan pasien, Mobile JKN
Subjects: Health
Health > Nursing
Divisions: Faculty of Health > Nursing Study Program
Depositing User: Rizma Dwi Ady Saputra
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:45
Last Modified: 19 Sep 2025 02:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item