Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Mutiara Indah

Wakhidah, Septi Nurul (2023) Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Mutiara Indah. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS KEASLIAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
PERSETUJUAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (75kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL B.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan hasil pra penelitian di TK Mutiara Indah yaitu terdapat 5 anak usia 4-5 tahun yang kurang percaya diri ketika proses belajar mengajar di kelas. Anak usia 4-5 tahun yang seharusnya bisa bercerita, bermain bersama teman-temanya tetapi anak tersebut cenderung diam, sehingga kurang berinteraksi dengan teman-temannya. Padahal sikap percaya diri ini merupakan modal dasar dari suatu keberhasilan. Yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di TK Mutiara Indah?, dan faktor apa saja yang mempengaruhi kepercayaan diri anak usia 4-5 tahun di TK Mutiara Indah?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek penelitiannya melibatkan 5 orang tua, 2 guru dan 5 siswa. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis datanya dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menyimpulan data atau verivikasi data, selanjutnya menguji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah terdapat 5 anak usia 4-5 tahun yang tingkat kepercayaan dirinya jika dilihat dari STTPA Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 tahun masih kurang. Indikator dari STTPA tersebut meliputi menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan, mengendalikan perasaan, menunjukkan rasa percaya diri, memahami peraturan dan disiplin, memiliki skap gigih (tidak mudah menyerah), dan bangga terhadap hasil karya sendiri. Faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri pada anak yaitu konsep diri, harga diri, pengalaman dan pendidikan memang sangat berpengaruh pada proses perkembangan kepercayaan diri pada anak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Percaya Diri, Anak usia Dini.
Subjects: Islamic Religion
Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Education of Early Childhood Teacher Study Program
Depositing User: Septi Nurul Wakhidah
Date Deposited: 12 Nov 2025 09:26
Last Modified: 12 Nov 2025 09:26
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item