Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Nasi Krawu Habbah Sufa Di Kabupaten Gresik

Mukminatin, Mukminatin (2024) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Nasi Krawu Habbah Sufa Di Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI TUGAS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB II M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB III M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB V M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
BAB VI M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA M.pdf

Download (9MB)
[img] Text
LAMPIRAN M.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nasi Krawu Habbah Sufa merupakan rumah makan yang didirikan oleh anak dari Hj. Sufayyah (Mbuk Su) yang dikenal sebagai pelopor pertama kali diadakannya Nasi Krawu di Kabupaten Gresik. Banyaknya penjual Nasi Krawu di Kabupaten Gresik membuat adanya persaingan antar usaha. Saat ini cukup banyak pelaku usaha yang mengalami kendala dalam memahami minat konsumen, semua ini dikarenakan banyak pengaruh faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penjualan nasi krawu, karakteristik konsumen pembelian nasi krawu dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli nasi krawu habbah sufa di Kabupaten Gresik. Penelitian dilakukan di rumah makan nasi krawu habbah sufa pada bulan Oktober-Desember 2023. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Trend perkembangan jumlah penjualan nasi krawu habbah sufa dalam 5 tahun terakhir cenderung mengalami kenaikan dan usia konsumen didominasi pada rentang usia 30-39 tahun dengan presentase 40%, dengan jenis kelamin didominasi oleh wanita dengan presentase 68%, pendidikan terakhir responden S1 (Sarjana) dengan presentase 39%, domisili responden didominasi Kab. Gresik dengan persentase 79%, pekerjaan responden didominasi karyawan swasta dengan presentase 31%, pendapatan responden didominasi pada rentang Rp.3.000.000-4.999.999 per bulan dengan presentase 44%, frekuensi pembelian responden terhadap nasi krawu adalah sering yaitu sebanyak 3-5 kali dalam sebulan dengan presentase 48%. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) secara simultan variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan, dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) secara parsial variabel kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga, lokasi dan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Tren Penjualan, Nasi Krawu
Subjects: Agriculture
Agriculture > Agribusiness
Divisions: Faculty of Agriculture > Agribusiness Study Program
Depositing User: Mukminatin Mukminatin
Date Deposited: 12 Nov 2025 13:02
Last Modified: 12 Nov 2025 13:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item