Zuhroh, Fathimahtuz (2025) Analisis Penilaian Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Ma’Arif NU Sidomukti. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
5. Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (357kB) |
|
|
Text
2. Lembar Persetujuan Skripsi.pdf Download (368kB) |
|
|
Text
4. Lembar pengesahan skripsi.pdf Download (409kB) |
|
|
Text
26. Lembar Publikasi Tugas Akhir.pdf Download (614kB) |
|
|
Text
4. Halaman Judul.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (517kB) |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (418kB) |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (612kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
Lampiran-lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis evaluasi kinerja guru, penelitian ini dilakukan di sebuah sekolah menengah atas yang berada di wilayah Gresik di madrasah Aliyah XYZ pada bulan Juni 2025. Nama sekolah disamarkan untuk menjaga kerahasiaan dan sesuai dengan permintaan pihak sekolah. Madrasah Aliyah XYZ dengan penekanan pada elemen-elemen yang menyebabkan penurunan dan peningkatan kinerja guru dalam periode tiga tahun terakhir (2022-2024). Metode yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang didukung oleh data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dari 18 guru mata pelajaran di madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa penurunan kinerja guru pada tahun 2023 dipicu oleh beberapa faktor utama, seperti beban kerja administrative yang tinggi, rendahnya motivasi, komunikasi yang tidak efektif antara guru dan manajemen sekolah, serta minimnya dukungan pelatihan yang aplikatif sesuai kondisi pembelajaran di kelas. Di samping itu, keterbatasan jumlah guru dan keadaan fisik yang tidak optimal juga berperan dalam menurunnya kinerja pengajar. Sebaliknya, peningkatan kinerja guru di tahun 2024 berhubungan dengan penggunaan teknologi pembelajaran berbasis e-learning, adanya peningkatan motivasi dan disiplin kerja guru, serta dukungan fasilitas yang memadai. Dampak positif yang nampak antara lain adalah kenaikan nilai rata-rata dan partisipasi siswa, suasana belajar yang lebih interaktif, serta bertambahnya kepuasan siswa terhadap proses pembelajaran. Studi ini menganjurkan pentingnya evaluasi serta pengembangan sistem penilaian kinerja guru yang lebih terstruktur dan berfokus pada pengembangan profesional, serta penambahan dukungan pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah XYZ.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Kinerja, Guru. |
| Subjects: | Economic And Business Management |
| Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
| Depositing User: | Fathimahtuz Zuhroh |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 03:44 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 03:44 |
| URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/15331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
