PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP NEGERI 1 GRESIK

WERDININGSIH, FETY DIYAH (2015) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII SMP NEGERI 1 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam dunia pendidikan, matematika merupakan salah satu pelajaran yang harus diajarkan dengan baik dan diterima semua peserta didik karena matematika membawa misi yang sangat penting yaitu sebagai salah satu bagian penting untuk mendukung ketercapaian tujuan pendidikan nasional. Namun, pada kenyataannya di sekolah masih banyak ditemukan adanya masalah yaitu rendahnya prestasi belajar matematika. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan karena dalam proses pembelajaran peserta didik tidak diajarkan bagaimana belajar, bagaimana mengingat, bagaimana berpikir dan memotivasi dirinya sendiri. Dalam mata pelajaran matematika, metode pembelajaran yang masih sering digunakan cenderung menyebabkan peserta didik menjadi pasif dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan pembelajaran dengan menerapkan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII I SMP Negeri 1 Gresik yang berjumlah 30 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Hasil analisa data yang diperoleh, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menggunakan strategi belajar PQ4R termasuk dalam kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan strategi belajar PQ4R termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal adalah tuntas dan respon peserta didik termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:40
Last Modified: 05 Aug 2019 01:40
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item