KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN METODE HYPNOTEACHING PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS VII MTs NEGERI GRESIK

FITHRI, ROUDLOTUNNISA’ ALI (2017) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN SSCS DENGAN METODE HYPNOTEACHING PADA MATERI GEOMETRI DI KELAS VII MTs NEGERI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Satu diantara tujuan pembelajaran matematika yakni peserta didik mampu dalam memecahkan masalah matematika yang didalamnya diperlukan kemampuan berpikir kritis. Untuk melatih kemampuan berfikir kritis peserta didik, digunakan pendekatan pemecahan masalah (problem solving), yang didalamnya menggunakan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) dengan metode hypnoteaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam model pembelajaran SSCS dengan metode hypnoteaching pada materi Geometri di kelas VII MTs Negeri Gresik; (2) mendeskripsikan aktifitas peserta didik dalam model pembelajaran SSCS dengan metode hypnoteaching pada materi Geometri di kelas VII MTs Negeri Gresik; (3) mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam model pembelajaran SSCS dengan metode hypnoteaching pada materi Geometri di kelas VII MTs Negeri Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian kelas VII G di MTs Negeri Gresik yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode tes, observasi, dan wawancara, dimana subjek yang diambil yaitu perwakilan dari setiap kategori kemampuan berpikir kritis.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dalam model pembelajaran SSCS dengan metode hypnoteaching pada materi geometri di kelas VII MTs Negeri Gresik terdapat 18 peserta didik berada dalam kategori tinggi, 3 peserta didik kategori sedang dan15 peserta didik kategori rendah; (2) hasil pengamatan aktifitas peserta didik yang aktif dalam model pembelajaran SSCS dengan metode hypnoteaching dapat dikatakan aktif dengan persentase rata-rata 55,2%; (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada model SSCS dengan metode hypnoteaching dapat dikatakan baik karena rata-rata nilai pada keseluruhan pertemuan adalah 78,8

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:42
Last Modified: 05 Aug 2019 09:42
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item