WATI, EKA MELIANA (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Cerme Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Cerme Gresik tahun pelajaran 2017-2018, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 30 peserta didik kelas IXC sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas IXG sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan sebagai tes pemahaman konsep matematika adalah 4 butir soal uraian berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Hal ini dapat dilihat rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 76,2, sedangkan kelas kontrol hanya 71,3. Begitu juga dengan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai a = 0,05 , didapatkan nilai sig (2-tailed) pada baris Equal Variances assumed = 0,034 < a (0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian, pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:01 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:01 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
View Item |