PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK

WATI, EKA MELIANA (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Cerme Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Cerme Gresik tahun pelajaran 2017-2018, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 30 peserta didik kelas IXC sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas IXG sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan sebagai tes pemahaman konsep matematika adalah 4 butir soal uraian berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT (kelas eksperimen) lebih tinggi daripada peserta didik yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Hal ini dapat dilihat rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen adalah sebesar 76,2, sedangkan kelas kontrol hanya 71,3. Begitu juga dengan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sampel independen yang menunjukkan nilai a = 0,05 , didapatkan nilai sig (2-tailed) pada baris Equal Variances assumed = 0,034 < a (0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian, pembelajaran matematika pada pokok bahasan kesebangunan dan kekongruenan dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:01
Last Modified: 07 Aug 2019 02:01
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item