PENGARUH TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS

KHOLIFA, PUTRI (2017) PENGARUH TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 KEBOMAS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf

Download (457kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf

Download (352kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB)
Official URL: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di dalam proses pembelajaran, masih banyak ditemukan peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat membantu mengatasi kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika adalah teknik pembelajaran scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Teknik Scaffolding terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design yaitu membandingkan nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik scaffolding terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A yang terdiri dari 30 peserta didik dan kelas VII B yang terdiri dari 29 peserta didik. instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis data menggunakan uji t dua sampel independen (Independent Sample t Test) diperoleh nilai , maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai posttest kelas kontrol, artinya ada pengaruh teknik scaffolding terhadap kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:02
Last Modified: 07 Aug 2019 02:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item