Rosyadah, Novy Iswatin (2017) PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN AIR DI MTs NURUL HUDA LERAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
abstrak.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konsep dapat diartikan sebagai kemampuan peserta didik untuk memahami suatu materi pelajaran dengan pembentukan pengetahuannya sendiri dan mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah dimengerti serta mengaplikasikannya. Dengan memahami konsep, maka peserta didik mampu menjelaskan, menghubungkan, memberi contoh, dan mengaplikasikan pemahamannya itu dalam proses berfikirnya sehingga peserta didik memperoleh pengalaman kognitif yang bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat menggali pemahaman konsep peserta didik dalam belajar matematika adalah model pembelajaran CORE dan model pembelajaran AIR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan antara pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran CORE dengan AIR di MTs Nurul Huda Leran. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda Leran tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII A yang berjumlah 22 peserta didik dan kelas VIII C yang berjumlah 21 peserta didik. Untuk menentukan kelas CORE dan kelas AIR dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Data dokumentasi berupa nilai Ulangan Akhir Semester (UAS) Ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep matematika berbentuk uraian yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa ada perbedaan antara pemahaman konsep matematika yang menggunakan model pembelajaran CORE dengan AIR di MTs Nurul Huda Leran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | tri risdianto saifullah |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 02:03 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 02:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/2564 |
Actions (login required)
View Item |