KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER-VISUALIZER

DEVI, AMELINDA PUSPITA (2019) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER-VISUALIZER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstract

Gaya kognitif yang berbeda pada setiap individu akan menentukan bagaimana peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Memiliki gaya kognitif yang sama belum tentu memiliki kemampuan yang sama. Kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran matematika sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Pemecahan masalah matematika merupakan tujuan penting dalam pembelajaran matematika dan seharusnya dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif verbalizer-visualizer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII – I SMP Negeri 1 Kebomas sebanyak 30 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode tes, dan metode wawancara. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data tentang gaya kognitif peserta didik. Metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kemampuan memecahkan masalah matematika. Wawancara digunakan untuk menambah informasi tentang hasil pekerjaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang telah diberikan. Berdasarkan hasil angket gaya kognitif diperoleh sebanyak 10% peserta didik memiliki gaya kognitif verbalizer, sebanyak 20% peserta didik memiliki gaya kognitif visualizer dan sebanyak 70% termasuk negligible. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif verbalizer memiliki rata rata sebesar 68% termasuk pada kategori sedang. Kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan gaya kognitif visualizer adalah sebesar 75% termasuk kategori tinggi dan 67% termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Verbalizer, Gaya Kognitif Visualizer
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Yoga Setya Perdana, A.Md., Lib.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:39
Last Modified: 22 Oct 2019 01:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item