PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 RANDUAGUNG

Wahyuni, Eka (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 RANDUAGUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Numbered Head Together pada peserta didik kelas II SD Negeri 4 Randuagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan adanya kerja sama antara peneliti dan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 44 peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar pretest, lembar observasi peserta didik dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes tulis yang diberikan pada akhir siklus. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together sudah mencapai keberhasilan dengan criteria baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 83,72%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Together, Hasil Belajar
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 13 Nov 2019 12:53
Last Modified: 13 Nov 2019 12:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item