Wahyuni, Eka (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 4 RANDUAGUNG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model Numbered Head Together pada peserta didik kelas II SD Negeri 4 Randuagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan adanya kerja sama antara peneliti dan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdapat sebanyak 44 peserta didik. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar dengan menggunakan instrument penelitian berupa lembar pretest, lembar observasi peserta didik dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Hasil belajar peserta didik diukur dengan tes tulis yang diberikan pada akhir siklus. Aktivitas peserta didik selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Numbered Head Together sudah mencapai keberhasilan dengan criteria baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 83,72%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan bagi guru SD untuk menerapkan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PKn.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Numbered Head Together, Hasil Belajar |
Subjects: | Early Childhood Education Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 13 Nov 2019 12:53 |
Last Modified: | 13 Nov 2019 12:53 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
View Item |