PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS V SLB NEGERI CERME

NISA’, KHOIRUN (2019) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA GAMBAR BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KELAS V SLB NEGERI CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak (1).pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakaa melalui media gambar terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SLB Negeri Cerme 2018/2019. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti berupaya untuk meningkatkan penguasaan kosakata menggunakan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita kelas V SLB Negeri Cerme yang berjumlah 3 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil analisis data pada pra tindakan peserta didik memperoleh hasil nilai ≤70%. Setelah dilakukan tindakan kelas menggunakan media gambar meningkat 66% pada siklus 1 pertemuan pertama dengan kategori cukup, pada siklus 1 pertemuan kedua peserta didik mengalami peningkatan sebesar ≥70% dari nilai tes pra tindakan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada peserta didik tunagrahita.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kosakata, Media Gambar, Anak Tunagrahita
Subjects: Early Childhood Education
Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:29
Last Modified: 25 Nov 2019 02:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item