MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA MONOPOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 SEMBAYAT

Mujahidah, Jundina Syifaul (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MEDIA MONOPOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 SEMBAYAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Melihat hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi energi dan sumbernya kelas III dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 peserta didik dengan jumlah 16 laki-laki dan 8 perempuan, sebanyak 8 peserta didik yang tuntas, sedangkan sebanyak 16 peserta didik yang tidak tuntas. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk memecahkan permasalahan rendahnya hasil belajar dan memahami materi energi dan sumbernya pada peserta didik kelas melalui media monopoli untuk membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media monopoli untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD pada materi energi dan sumbernya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak 1 siklus 2 kali pertemuan. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) Tahap Perencanaan 2) Tahap Pelaksanaan 3) Tahap Observasi 4) Tahap Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN I Sembayat Manyar Gresik. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes evaluasi. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tertulis berbentuk 10 pilihan ganda dan 5 uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis tes hasil belajar peserta didik. Penerapan Media Monopoli menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik karena kegiatan pembelajaran mendapat respon positif dari peserta didik. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 87,5%. Pada siklus 1 dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang tuntas adalah 21 peserta didik dan telah mencapai indikator keberhasilan sesuai KKM.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Media Monopoli
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 16 Dec 2019 01:23
Last Modified: 16 Dec 2019 01:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3405

Actions (login required)

View Item View Item