Layyinah, Zakiyyatul (2020) Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Penjelasan melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung pada Peserta Didik Kelas V MI Roudlotul Muta'alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Teks Penjelasan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung Pada Peserta Didik Kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Gresik yang dibimbing oleh bapak Nanang Khoirul Umam, M.Pd dan Ismail Marzuki, M.Pd. Pembelajaran menulis diketahui guru pada kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik, diketahui guru kurang membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah serta peserta didik diminta untuk kerja mandiri dikarenakan guru kurang memperhatikan model pembelajaran dalam penyampaian materi pada proses pembelajaran. Adapun alternatif yang ditawarkan peneliti yaitu dengan mengimplementasikan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik melalui model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peneitian ini dilaksanakan 1 siklus dalam satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik, yang berjumlah satu guru kelas dan 10 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 33(2) aktivitas peserta didik mendapat skor 32 (3) presentase ketuntasan klasikal keterampilan menulis ringkasan teks penjelasan pada siklus I sebesar 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi aktivitas guru, peserta didik dan keterampilan menulis ringkasan teks penjelasan pada peserta didik kelas V MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. Saran untuk perbaikan adalah guru memotivasi peserta didik supaya mereka tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, pembelajaran langsung |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Zakiyyatul Layyinah |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 09:45 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 09:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3646 |
Actions (login required)
View Item |