Proses Berpikir Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Kemampuan Matematika

Munfahiq, Maflahul (2020) Proses Berpikir Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Kemampuan Matematika. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
halaman pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman peryataan persetujuan publikasi.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman judul fix.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan teknik atau cara yang tepat untuk melatih peserta didik berpikir. Mengetahui proses berpikir peserta didik merupakan sumber informasi bagi guru untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalah dalam kegiatan pembelajaran Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir peserta didik kelas XI SMP YPI Darussalam 1 Cerme berjenis kelamin laki- laki dan perempuan berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya. Subjek penelitian yaitu 1 peserta didik berkemampuan matematika tinggi laki- laki dan perempuan, 1 peserta didik berkemampuan matematika sedang laki- laki dan perempuan, dan 1 peserta didik berkemampuan matematika rendah laki- laki dan perempuan. Instrumen penelitian yaitu tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematika, lembar validasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data melalui teknik tes dan wawancara berbasis tugas. Teknik analisis data penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir dalam memecahkan masalah untuk: (1) Proses berpikir peserta didik perempuan berkemampuan matematika tinggi, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masala untuk meyakinkan diri atas jawaban yang diperolehnya itu benar (2) Proses berpikir peserta didik laki-laki, berkemampuan matematika tinggi kurang dalam menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah. (3) Proses berpikir peserta didik perempuan berkemampuan matematika sedang, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah untuk meyakinkan diri atas jawaban yang diperolehnya itu benar (4) Proses berpikir peserta didik laki-laki berkemampuan matematika sedang, tidak menjelaskan dengan benar langkah-langkah penyelesaian masalah. (5) Proses berpikir peserta didik perempuan berkemampuan matematika rendah, tidak menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah. (6) Proses berpikir peserta didik laki-laki berkemampuan matematika rendah, tidak menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Kemampuan Matematika. Jenis Kelamin
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Maflahul Munfahiq
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:29
Last Modified: 03 Jul 2020 09:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item