Penerapan Permainan Tradisional Kelereng pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas V UPT SD Negeri 251 Gresik

Putri, Cindy Fatihah Eka (2020) Penerapan Permainan Tradisional Kelereng pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas V UPT SD Negeri 251 Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (332kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Halaman Pengesahan.pdf

Download (493kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

Download (681kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Halaman Judul.pdf

Download (494kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Bab 1.pdf

Download (482kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Bab 2.pdf

Download (905kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Bab 3.pdf

Download (543kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Bab 5.pdf

Download (348kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Daftar Pustaka.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2020_TA_PGSD_15441047_Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V UPT SD Negeri 251 Gresik, bahwa peserta didik kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran karena kurangnya penerapan suatu strategi pembelajaran maupun adanya media pembelajaran. Dan berdasarkan hasil uji coba pada kelas V UPT SD Negeri 251 Gresik, bahwa sebagian peserta didik masih belum memahami materi pengukuran sudut dengan maksimal. Berawal dari permasalahan ini peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan permainan tradisional kelereng pada materi pengukuran sudut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas peserta didik terhadap pembelajaran permainan tradisional kelereng, dan mengetahui hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yang dilakukan selama dua pertemuan, satu pertemuan untuk pembelajaran penerapan permainan tradisional kelereng dan satu pertemuan untuk melaksanakan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas peserta didik, dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan permainan tradisional kelereng, rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 90,7 dapat dikatakan ketegori sangat baik. Aktivitas peserta didik terhadap pembelajaran penerapan permainan tradisional kelereng dapat dikatakan baik dengan rata-rata 81,25%. Selain itu dari hasil tes peserta didik dengan pembelajaran permainan tradisional kelereng mendapatkan rata-rata nilai 82 dengan presentase ketuntasan klasikal 80% dan dapat dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Permainan Tradisional Kelereng
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Cindy Fatihah Eka Putri
Date Deposited: 28 Jul 2020 14:03
Last Modified: 28 Jul 2020 14:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item