PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9

Rovita, Chusnul Amalia (2020) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (755kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 dan masa pandemi ini diperlukan inovasi dalam pengembangan alat evaluasi berbasis tekonologi. Salah satunya adalah dengan ispring suite 9. Alat evaluasi penting karena dapat membantu proses evaluasi pendidik untuk mengetahui informasi ketercapaian hasil selama proses belajar. Selain hasil belajar, evaluasi juga dapat mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Salah satunya dengan tes evaluasi two tier multiple choice. Two tier multiple choice merupakan bentuk tes evaluasi pilihan ganda dua tingkat. Tes evaluasi two tier multiple choice dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi ispring suite 9. Ispring suite 9 merupakan aplikasi yang digunakan dalam membuat alat evaluasi yang interaktif, efektif dan dapat dibuat seperti kuis secara online. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B MTs. Miftahul Ulum Peganden. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instrumen tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah alat evaluasi pembelajaran matematika berbasis two tier multiple choice menggunnakan ispring suite 9 yang dilihat dari : (1) persentase hasil validasi ahli media 90,5% dan ahli materi 96,5%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. (2) kualitas butir soal dilihat dari validitasnya diperoleh semua item soal valid, reliabilitasnya diperoleh 8 soal reliabel, dan 2 soal tidak reliabel, tingkat kesukarannya diperoleh persentase tingkat kesukaran, 10% sukar, 80% sedang dan 10% mudah, daya pembedanya diperoleh 5 soal termasuk dalam kategori baik, 3 soal kategori cukup banyak, 1 soal sangat baik, dan 1 soal jelek, dan efektivitas pengecohnya ada 9 pengecoh yang dipilih >5% dari semua peserta didik. (3) Persentase pemahaman konsep peserta didik setelah evaluasi two tier multiple choice sebesar 50,5% termasuk dalam kategori cukup, Serta hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan (R&D), alat evaluasi, two tier multiple choice, ispring suite 9.
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Chusnul Amalia Rovita
Date Deposited: 02 Sep 2020 02:23
Last Modified: 02 Sep 2020 02:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item