Rovita, Chusnul Amalia (2020) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (755kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Di era revolusi industri 4.0 dan masa pandemi ini diperlukan inovasi dalam pengembangan alat evaluasi berbasis tekonologi. Salah satunya adalah dengan ispring suite 9. Alat evaluasi penting karena dapat membantu proses evaluasi pendidik untuk mengetahui informasi ketercapaian hasil selama proses belajar. Selain hasil belajar, evaluasi juga dapat mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Salah satunya dengan tes evaluasi two tier multiple choice. Two tier multiple choice merupakan bentuk tes evaluasi pilihan ganda dua tingkat. Tes evaluasi two tier multiple choice dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi ispring suite 9. Ispring suite 9 merupakan aplikasi yang digunakan dalam membuat alat evaluasi yang interaktif, efektif dan dapat dibuat seperti kuis secara online. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah 4D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-B MTs. Miftahul Ulum Peganden. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar validasi, instrumen tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah alat evaluasi pembelajaran matematika berbasis two tier multiple choice menggunnakan ispring suite 9 yang dilihat dari : (1) persentase hasil validasi ahli media 90,5% dan ahli materi 96,5%, keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. (2) kualitas butir soal dilihat dari validitasnya diperoleh semua item soal valid, reliabilitasnya diperoleh 8 soal reliabel, dan 2 soal tidak reliabel, tingkat kesukarannya diperoleh persentase tingkat kesukaran, 10% sukar, 80% sedang dan 10% mudah, daya pembedanya diperoleh 5 soal termasuk dalam kategori baik, 3 soal kategori cukup banyak, 1 soal sangat baik, dan 1 soal jelek, dan efektivitas pengecohnya ada 9 pengecoh yang dipilih >5% dari semua peserta didik. (3) Persentase pemahaman konsep peserta didik setelah evaluasi two tier multiple choice sebesar 50,5% termasuk dalam kategori cukup, Serta hasil respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 82% termasuk dalam kategori sangat menarik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan (R&D), alat evaluasi, two tier multiple choice, ispring suite 9. |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Chusnul Amalia Rovita |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 02:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 02:23 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3816 |
Actions (login required)
View Item |