PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SIDOREJO

Luthfitasari, Ani Desi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN SIDOREJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul Fix.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA FIKS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Fixx.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Ani Desi Luthfitasari (NIM. 14 441 002). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Sidorejo.( Dibimbing oleh Dr. Sri Uchtiawati, M.Si. dan Arya Setya Nugroho, M.Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta besar taraf signifikansi model pembelajaran time tokenterhadap keterampilan berbicara peserta didik mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SDN Sidorejo pada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang terdiri dari dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Sidorejo yang berjumlah 40 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak yakni kelas VA yang berjumlah 20 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan kelas VB yang berjumlah 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran time token. Intsrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes keterampilan berbicara yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek pelafalan, intonasi, dan penampilan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti maka simpulan dari penelitian ini yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negaeri Sidorejo tahunajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji t bawah nilai t pada aspek pelafalan diperoleh 2,254 dan nilai signifikansi 0,30 , dan pada aspek intonasi nilai t diperoleh sebesar 2,437 dan nilai signifikansi 0,020, yang terakhir yaitu aspek penampilan nilai t sebesar 2,400 dan nilai signifikansi 0,21 . nilai signifikansi pada ke tiga aspek tersebut menunjukkan lebih kecil dari 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V SD Negeri Sidorejo Lamongan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Time Token, Keterampilan Berbicara.
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ani Desi Luthfitasari
Date Deposited: 13 Sep 2020 14:48
Last Modified: 13 Sep 2020 14:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item