PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI UPT SD NEGERI 343 GRESIK

SARI, FARIDAH PURNAMA (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI UPT SD NEGERI 343 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Penerapanetnomatematikadalampembelajaranperludidukungsuatubahan ajar. Berdasarkaninformasi yangyangdiperolehbahwapendidikmasihkesulitanuntukmenerapkanetnomatematikasertabahanajar yang digunakanberupabukupaketdaripemerintahdanbelumadabahan ajar untukmemandukegiatanpesertadidikdenganetnomatematika.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajardalambentukmodulberbasisetnomatematikapadamateribangundataruntukkelas IV SD. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodel pengembangan4D oleh Thiagarajanyang tediridari 4 tahapyaitu (1) define, (2) design,(3) develop, (4) disseminate. Penelitianinidibatasisampaitahapdevelop. Kelayakandaribahanajardilihatdariaspekvaliditasadanefektifitas. Validitasdidapatkandarihasilvalidasiolehdosenpendidikanmatematikadan guru matematika. Efektifitasdiperolehdarihasilbelajardanangketresponpesertadidik. Ujicobadilakukanpadakelas IV SD Negeri 343 Gresik dengan 24 pesertadidik. Teknisanalisis data yang digunakanadalahkualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitianmenujukkanbahwabahanajar yang dikembangkanlayakdigunakandenganhasilujivalidasi yang memperolehnilai84% dalamkategorisangatlayak. Hasilujiefektifitasditinjaudariketuntasanhasilbelajarpesertadidiksebesar 75% dengan KKM 65 danditinjaudariangketresponpesertadidik yang memperolehhasilsebesar 86,8% dalamkategoribaik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Etnomatematika, Model Pengembangan 4D
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Faridah Purnama Sari
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:11
Last Modified: 11 Nov 2020 02:11
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item