SARI, FARIDAH PURNAMA (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV DI UPT SD NEGERI 343 GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (696kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu tujuan bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Penerapanetnomatematikadalampembelajaranperludidukungsuatubahan ajar. Berdasarkaninformasi yangyangdiperolehbahwapendidikmasihkesulitanuntukmenerapkanetnomatematikasertabahanajar yang digunakanberupabukupaketdaripemerintahdanbelumadabahan ajar untukmemandukegiatanpesertadidikdenganetnomatematika.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanbahanajardalambentukmodulberbasisetnomatematikapadamateribangundataruntukkelas IV SD. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodel pengembangan4D oleh Thiagarajanyang tediridari 4 tahapyaitu (1) define, (2) design,(3) develop, (4) disseminate. Penelitianinidibatasisampaitahapdevelop. Kelayakandaribahanajardilihatdariaspekvaliditasadanefektifitas. Validitasdidapatkandarihasilvalidasiolehdosenpendidikanmatematikadan guru matematika. Efektifitasdiperolehdarihasilbelajardanangketresponpesertadidik. Ujicobadilakukanpadakelas IV SD Negeri 343 Gresik dengan 24 pesertadidik. Teknisanalisis data yang digunakanadalahkualitatifdankuantitatif. Hasilpenelitianmenujukkanbahwabahanajar yang dikembangkanlayakdigunakandenganhasilujivalidasi yang memperolehnilai84% dalamkategorisangatlayak. Hasilujiefektifitasditinjaudariketuntasanhasilbelajarpesertadidiksebesar 75% dengan KKM 65 danditinjaudariangketresponpesertadidik yang memperolehhasilsebesar 86,8% dalamkategoribaik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Etnomatematika, Model Pengembangan 4D |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Faridah Purnama Sari |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 02:11 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 02:11 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4123 |
Actions (login required)
View Item |