PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-A SMP MUALLIMAT GRESIK

Rachmawati, Kurnia (2008) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY - TWO STRAY DAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII-A SMP MUALLIMAT GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (378kB)

Abstract

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal, guru dianjurkan untuk membiasakan menggunakan komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi antar guru dan siswa tetapi juga melibatkan interaksi yang dinamis antara siswa satu dengan lainnya. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tidak hanya dapat membantu siswa memahami konsep tetapi juga siswa dapat berinteraksi dalam memecahkan masalah untuk menemukan konsep yang dikembangkan. Model pembelajaran seperti ini dinamakan model pembelajaran kooperatif. Adapun model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah tipe two stay - two stray. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan metakognisi siswa pada ketrampilan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muallimat Gresik tahun pelajaran 2007-2008, sedangkan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-A yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran ini adalah efektif. (2) respom siswa untuk mengikuti pembelajaran ini adalah positif dengan rata-rata prosentase 96,67% pada tanggapan senang, 81,11% pada tanggapan baru, dan 100% pada tanggapan berminat. (3) hasil belajar siswa adalah tuntas dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 93,55%. (4) pembelajaran ini, mendeskripsikan terjadinya peningkatkan kemampuan metakognisi pada ketrampilan pemecahan masalah dari 2 orang siswa yang diamati.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, two stay - two stray, metakognisi, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:58
Last Modified: 30 Nov 2020 02:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4214

Actions (login required)

View Item View Item