PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA MATERI POKOK SEGITIGA DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 07 CERME GRESIK

Hotimah, Husnul (2009) PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA MATERI POKOK SEGITIGA DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 07 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (495kB)

Abstract

Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa diperlukan alat yaitu penilaian. Dalam KTSP penilaian yang diterapkan adalah penilaian berbasis kelas (PBK). Dari kelima jenis Penilaian Berbasis Kelas, salah satunya adalah Penilaian Kinerja (performance assessment). Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) karena tugas-tugas pada penilaian kinerja lebih menekankan kepada kemampuan siswa memecahkan masalah, komunikasi, hubungan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain bahkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian penilaian kinerja dapat mengevaluasi apa yang dapat dilakukan siswa dan informasi pengetahuan yang telah diperoleh siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) pada materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 07 Cerme Gresik tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 40 siswa. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja pada materi pokok segitiga dapat dikatakan berhasil. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,30.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, penilaian kinerja (performance assessment)
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2020 02:59
Last Modified: 30 Nov 2020 02:59
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4221

Actions (login required)

View Item View Item