Hotimah, Husnul (2009) PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA MATERI POKOK SEGITIGA DI KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 07 CERME GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (149kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa diperlukan alat yaitu penilaian. Dalam KTSP penilaian yang diterapkan adalah penilaian berbasis kelas (PBK). Dari kelima jenis Penilaian Berbasis Kelas, salah satunya adalah Penilaian Kinerja (performance assessment). Penilaian kinerja merupakan penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) karena tugas-tugas pada penilaian kinerja lebih menekankan kepada kemampuan siswa memecahkan masalah, komunikasi, hubungan konsep matematika dengan disiplin ilmu lain bahkan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian penilaian kinerja dapat mengevaluasi apa yang dapat dilakukan siswa dan informasi pengetahuan yang telah diperoleh siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) pada materi segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-A di SMP Muhammadiyah 07 Cerme Gresik tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 40 siswa. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas kinerja pada materi pokok segitiga dapat dikatakan berhasil. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan penilaian kinerja (performance assessment) dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,30.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, penilaian kinerja (performance assessment) |
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Users 679 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2020 02:59 |
Last Modified: | 30 Nov 2020 02:59 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4221 |
Actions (login required)
View Item |