PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN STUDI KASUS PADA PT. ANEKA ALAS KAKI SUKSES DI GRESIK

ANGGRAINI, IKA PUSPITA (2006) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN STUDI KASUS PADA PT. ANEKA ALAS KAKI SUKSES DI GRESIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada para pemakai. Sistem Informasi menerima input berupa transaksi yang kemudian dikonversikan melalui beberapa proses menjadi output informasi yang didistribusikan kepada para pemakai informasi. Transaksi yang diproses dapat berupa transaksi keuangan dan transaksi non keuangan. Sebagai keputusan manajemen memerlukan informasi yang menyatukan data keuangan dan non keuangan. Seperti manajer mengevaluasi kinerja perusahaan dengan melihat output yang dihasilkan oleh Sistem Informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana rancangan sistem informasi penjualan yang memadai pada PT. Aneka Alas Kaki Sukses Gresik, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata bertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, dengan lokasi penelitian di PT. Aneka Alas Kaki Sukses Gresik, bertempat di Jl. Mayjend Sungkono No. 55 Prambangan Kabuaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mekanisme prosedur yang diberlakukan secara manual belum mampu bekerja secara optimal, juga terdapat personal yang bekerja rangkap sehingga menimbulkan kesalahankesalahan yang merugikan perusahaan, dan kebijaksanaan kredit sangat lemah, karena perusahaan lebih menekankan untuk meningkatkan omset penjualan agar dapat bersaing, dibandingkan dengan keselamatan hartanya (piutang yang hilang). Dari situlah perlu adanya perputaran jabatan karyawan yang terlibat dalam penanganan penjualan misalnya sales (marketing wilayah barat dan timur). Disamping untuk penyegaran juga untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan oleh perusahaan seperti kolusi diantara karyawan dan pelanggan, adanya perekrutan karyawan baru yang kompeten untuk bagian administrasi, penjualan, gudang serta kernet demi kelancaran proses pengiriman barang, dan memperketat prosedur penjualan cash untuk meminimalkan kecurangan, serta memaksimalkan manfaat komputer untuk kepentingan analisis, perencanaan dan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Penjualan, Manajemen
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Depositing User: maysatin may aliah
Date Deposited: 01 Dec 2020 03:44
Last Modified: 01 Dec 2020 03:44
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item