PERSEPSI SISWA TENTANG KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI

Oktami, Heppy tri (2008) PERSEPSI SISWA TENTANG KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBERIAN MOTIVASI TERHADAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GIRI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (5kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8kB)

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah juga merupakan salah satu karkteristik yang memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik siswa. Oleh karena itu upaya sekolah untuk senantiasa mendorong orang tua agar memantau prilaku dan kemajuan anak yang merupakan upaya yang sangat benar dan diharapkan akan memberikan dampak baik terhadap prilaku anak. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang keterlibatan orang tua dalam pemberian motivasi terhadap belajar matematika siswa kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah 4 Giri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah 4 Giri Gresik. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 81 siswa. Dimana waktu penelitian ada 6 siswa yang tidak masuk sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini menjadi 75 siswa. Metode yang digunakan adalah metode amgket. Instrumen yang digunakan ada 2 angket yaitu 1 angket untuk uji coba dan 1 angket untuk data penelitian. Jawaban yang digunakan untuk mengisi angket disusun dalam 5 kategori yaitu Sangat Sesuai (SS), Sesuai (S), Kadang-kadang (K), Tidak Sesuai (TS), Sangat Tidak Sesuai (STS). Sedangkan kriteria penilaiaan angket keterlibatan orang tua dalam pemberian motivasi belajar matematika siswa disusun dalam skala sikap Likert. Sebelum angket disebarkan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas sebanyak 36 siswa yang bukan sampel. Yang mana dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS ver 12. Apabila r hasil positif serta r hasil ≥ 0,30 maka butir soal tersebut dikatakan valid dan apabila r hasil negatif jika r hasil ≤ 0,30 maka butir soal tersebut dikatakan tidak valid. Dari 35 item terdapat 6 item yang tidak valid yaitu item no 14, 11, 13, 19, 28, 31. dan item yang valid berjumlah 29 item yang kemudian digunakan sebagai data dalam penelitian ini. Untuk menguji keandalan (reliabilitas) angket keterlibatan orang tua dalam pemberian motivasi terhadap belajar matematika siswa dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS ver 12. Hasil pengujian keandalan (realibilitas) di dapat bahwa nilai Cronbach Alpha sebesar 0,915 berarti bahwa angket keterlibatan orang tua mempunyai nilai yang lebih besar dari 0,60 dengan demikian maka item-item pernyataan seluruhnya bisa dikatakan reliabel. Hasil Penelitian didapat bahwa motivasi yang paling tinggi terdapat pada pengaturan waktu belajar dan tidak ada orang tua yang tidak memberi motivasi kepada siswa dalam artian bahwa semua orang tua memberikan motivasi kepada siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi, keterlibatan orang tua, motivasi, matematika
Subjects: Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Users 679 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:30
Last Modified: 03 Dec 2020 03:30
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4327

Actions (login required)

View Item View Item