PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BANDUNGSEKARAN

Makhnun, Luluk Il (2021) PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BANDUNGSEKARAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS (KEASLIAN).pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media diorama dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan bagi peserta didik kelas IV SDN Bandungsekaran. Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan alur yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Tempat pelaksanaan penelitian dilaksanakan di SDN Bandungsekaran Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 18 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Bentuk instrumen yang digunakan adalah lembar tes sebagai alat bantu untuk mendapatkan data berupa keterampilan menulis karangan . teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis tes hasil belajar peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan menulis karangan narasi mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Ketuntasan klasikal pada prasiklus yaitu 56% sedangkan pada siklus I mencapai 83,33% jadi pembelajaran menulis karangan narasi mengalami peningkatan sebesar 27%, dapat disimpulkan bahwa media diorama dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Keterampilan Menulis, Karangan Narasi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Luluk il makhnun
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:48
Last Modified: 01 Feb 2021 06:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4656

Actions (login required)

View Item View Item