Mufarikha, Warda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTANG BAPAK ALI (ULAR TANGGA BERBASIS KENAMPAKAN ALAM INDONESIA) PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (692kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Warda Mufarikha (NIM. 16441040). Pengembangan Media Pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada Kelas V di Sekolah Dasar. (Dibimbing oleh Ismail Marzuki, M.Pd dan Arya Setya Nugroho, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada kelas V di sekolah dasar dan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada kelas V di sekolah dasar. Metode dalam penilitian ini menggunakan jenis penelitian 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahap, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi dan revisi tanpa uji coba media, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan validasi media dan materi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator ahli media, yakni dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik dan 3 validator ahli materi, yakni guru kelas di UPT SD Negeri 48 Gresik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kenampakan alam Indonesia memenuhi indikator kevalidan, yaitu : a) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh rata-rata persentase 83,33% dan termasuk kriteria cukup valid, dan b) hasil validasi dari 3 validator ahli materi memperoleh rata-rata persentase 95,76% dan termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang ada dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model 4-D, media pembelajaran, ular tangga, kenampakan alam Indonesia |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Ms. Warda Mufarikha |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 07:03 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 07:03 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4698 |
Actions (login required)
View Item |