PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTANG BAPAK ALI (ULAR TANGGA BERBASIS KENAMPAKAN ALAM INDONESIA) PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Mufarikha, Warda (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UTANG BAPAK ALI (ULAR TANGGA BERBASIS KENAMPAKAN ALAM INDONESIA) PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Warda Mufarikha (NIM. 16441040). Pengembangan Media Pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada Kelas V di Sekolah Dasar. (Dibimbing oleh Ismail Marzuki, M.Pd dan Arya Setya Nugroho, M.Pd). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada kelas V di sekolah dasar dan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran UTANG BAPAK ALI (Ular Tangga Berbasis Kenampakan Alam Indonesia) pada kelas V di sekolah dasar. Metode dalam penilitian ini menggunakan jenis penelitian 4-D, tetapi peneliti hanya melakukan 3 tahap, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Tahap develop, peneliti hanya melakukan validasi dan revisi tanpa uji coba media, sehingga teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan validasi media dan materi pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator ahli media, yakni dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik dan 3 validator ahli materi, yakni guru kelas di UPT SD Negeri 48 Gresik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kenampakan alam Indonesia memenuhi indikator kevalidan, yaitu : a) hasil validasi dari 3 validator ahli media memperoleh rata-rata persentase 83,33% dan termasuk kriteria cukup valid, dan b) hasil validasi dari 3 validator ahli materi memperoleh rata-rata persentase 95,76% dan termasuk kriteria sangat valid. Berdasarkan uraian tersebut, maka media pembelajaran dan materi yang ada dalam media yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model 4-D, media pembelajaran, ular tangga, kenampakan alam Indonesia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ms. Warda Mufarikha
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:03
Last Modified: 15 Feb 2021 07:03
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item View Item