EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI POLA BILANGAN

Ramadhanti, Annisa’ Rizqi (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI POLA BILANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan publikasi.pdf

Download (658kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap proses pengajaran dan pembelajaran. Dan dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh maka guru memanfaatkan pembelajaran daring dengan menggunakan platform google classroom. Penggunaan platform google classroom merupakan hal yang baru bagi peserta didik saat pembelajaran, namun dengan platform google classroom ini guru dan peserta didik masih bisa berkomunikasi meskipun tidak bertatap muka serta tampilannya yang simpel sehingga mudah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan google classroom pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan google classroom pada materi pola bilangan yang diukur dari hasil belajar peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal sebesar 86%, 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan skor 100, 3) aktivitas peserta didik yang aktif sebesar 65%, dan 4) respon peserta didik positif sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan google classroom efektif diterapkan pada materi pola bilangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Google Classroom, Pola Bilangan
Subjects: Mathematic Education > Geometry
Geometry
Geometry

Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Annisa' Rizqi Ramadhanti
Date Deposited: 05 Apr 2021 15:20
Last Modified: 05 Apr 2021 15:20
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4863

Actions (login required)

View Item View Item