Ramadhanti, Annisa’ Rizqi (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI POLA BILANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (467kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (244kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan publikasi.pdf Download (658kB) |
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap proses pengajaran dan pembelajaran. Dan dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh maka guru memanfaatkan pembelajaran daring dengan menggunakan platform google classroom. Penggunaan platform google classroom merupakan hal yang baru bagi peserta didik saat pembelajaran, namun dengan platform google classroom ini guru dan peserta didik masih bisa berkomunikasi meskipun tidak bertatap muka serta tampilannya yang simpel sehingga mudah untuk dipahami. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan google classroom pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan google classroom pada materi pola bilangan yang diukur dari hasil belajar peserta didik, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Sedangkan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 4 Kebomas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes hasil belajar, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal sebesar 86%, 2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori sangat baik dengan skor 100, 3) aktivitas peserta didik yang aktif sebesar 65%, dan 4) respon peserta didik positif sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring dengan google classroom efektif diterapkan pada materi pola bilangan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pembelajaran Daring, Google Classroom, Pola Bilangan |
Subjects: | Mathematic Education > Geometry Geometry Geometry Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Annisa' Rizqi Ramadhanti |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 15:20 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 15:20 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/4863 |
Actions (login required)
View Item |