PENGEMBANGAN MEDIA SOSUD (SOS SUDUT) KELAS III UPT SD NEGERI 249 MOJOPURO WETAN

Safani, Vivin Aulia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SOSUD (SOS SUDUT) KELAS III UPT SD NEGERI 249 MOJOPURO WETAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (662kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran SOSUD (SOS Sudut) pada Kelas III UPT SD Negeri 249 Mojopuro Wetan. Proses pengembangan media pembelajaran menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi dan disederhanakan yaitu, analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development) dan tanpa melakukan implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Hasil pengembangan media pembelajaran berupa SOSUD (SOS Sudut). Sumber data dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli materi (kompetensi) dan ahli media yang berjumlah 4 validator. Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi media pembelajaran. Dengan analisis data yaitu, analisis kevalidan media pembelajaran dan analisis kepraktisan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data hasil validasi diperoleh bahwa pegembangan media pembelajaran SOSUD (SOS Sudut) pada Kelas III UPT SD Negeri 249 Mojopuro Wetan memenuhi kriteria baik, yang sebagai berikut: a) Hasil validasi media pembelajaran yang dilakukan oleh 4 validator memperoleh presentase 98% oleh ahli materi 1 dan presentase 100% oleh ahli materi 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 99% , dan presentase 85,45% oleh ahli media 1 dan presentase 82% oleh ahli media 2 dengan total rata-rata penilaian yakni 83,7%, yang dikategorikan dalam valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran, b) Dikategorikan praktis dari hasil analisis dalam kepraktisan media pembelajaran oleh para validator menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, SOSUD (SOS Sudut)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Vivin Aulia Safani
Date Deposited: 02 Jul 2021 01:48
Last Modified: 02 Jul 2021 01:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/5033

Actions (login required)

View Item View Item